Cara Beternak Domba Texel di Karawang, Jawa Barat

Untuk beternak domba pedaging seperti Texel, tujuan utamanya adalah agar cepat gemuk dan besar. Apakah yang penting hanya jenis dan pola pakan domba? Padahal, meski tidak hanya ditentukan dari pola dan jenis pakan, faktor-faktor tersebutlah yang paling penting.
Anda juga bisa memelihara domba Anda dengan berbagai cara, antara lain membersihkan, merawat kandang, menilai kondisi fisiknya, dll. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan di bawah ini.
1. Perhatian pada kandang: Pastikan kandang ideal untuk penggemukan.
Kandang domba broiler, mempunyai beberapa jenis berdasarkan umurnya. Ada kandang komunal yang bisa menampung beberapa domba sekaligus, dan ada juga kandang individu yang digunakan untuk beternak. Tujuannya agar domba tidak merasa stres dengan memperhatikan kandangnya.
Telah ditemukan bahwa stres dapat menyebabkan pertumbuhan domba berkurang. Kandangnya mungkin terlalu kecil, tidak nyaman, atau penuh sesak dengan orang.
2. Pakan domba dengan pola dan komposisi seimbang
Pola dan komposisi pakan sangatlah penting. Semakin besar ukuran domba texel maka semakin banyak nutrisi yang dibutuhkannya. Nutrisi tersebut dapat dibedakan menjadi energi dan protein.
Adapun komposisi pakan secara umum ada 2 yaitu pakan konsentrat dan pakan hijauan. Pakan konsentrat mengandung ampas tahu dan bungkil kelapa. Ini juga termasuk jagung, singkong, dedak padi dan dedak padi. Pakan hijaunya berupa rumput gajah, daun pisang, dan kaliandra.
Jumlah pakan konsentrat yang dibuat dari bahan-bahan di atas sangat sedikit, sekitar 1-3%. Pakan hijau (yang merupakan pakan utama) kira-kira 10-25% dari berat seekor domba.
Peternak tentunya dapat menambahkan pakan lain jika sudah teruji dan/atau berdasarkan pengalamannya. Pakan fermentasi sama dengan pakan buatan. Mengingat mahalnya harga domba Texel, maka sangat penting untuk memperhatikan pola dan komposisi pakan di atas.
3. Perawatan Fisik Tubuh Domba
Berbeda dengan kambing, domba Texel memiliki bulu tebal dan berbulu di tubuhnya. Peternak juga harus memberikan perawatan fisik minimal dua kali seminggu. Memandikan domba agar tetap bersih, membersihkan bulunya, dan memotong kukunya setiap enam bulan sekali adalah beberapa anjuran perawatannya. Dengan semua Domba akan merasa lebih nyaman dengan tubuhnya dan tumbuh menjadi raksasa daging yang luar biasa.
4. Pengendalian Penyakit Domba Texel Secara Teratur
Selanjutnya, peternak harus memantau kesehatan domba Texel. Pastinya Anda sudah tahu apa saja yang harus diperiksa pada domba. Beberapa contohnya antara lain pada mata, hidung, mulut, kaki, anus, perilaku, dan gejala lainnya.
Pastikan mata, hidung dan mulut bersih (tidak ada lendir aneh). Periksa apakah keempat kaki domba dapat menopang tubuhnya dan memungkinkannya bergerak bebas. Juga, periksa perut apakah ada keberpihakan. Sedangkan dari anus biasanya untuk mendeteksi jenis penyakit yang menyerang.
Peternak mampu melakukan pengendalian kesehatan dengan memperhatikan tingkah laku dombanya dan mengamati apakah wajar atau tidak. Jika ada gejala lain yang tidak biasa, pisahkan dari domba lainnya. Anda dapat memindahkan domba yang sakit ke kandang isolasi khusus sebelum memeriksa lebih detail.
5. Memberikan Suplemen dan Vitamin Jika Diperlukan
Cara beternak domba texel selanjutnya adalah terkait dengan suplemen atau vitamin khusus. Biasanya setiap peternak mempunyai cara tersendiri dalam menjaga pertumbuhan dombanya agar tetap optimal. Gunakan suplemen pabrikan atau suplemen sayuran yang difermentasi.
Domba yang sakit memerlukan pengobatan dan pengobatan berkelanjutan. Jika Anda mendatangkan domba dari GB Farm, kami siap membantu memberikan arahan apa yang harus Anda lakukan. Layanan ini membuktikan bahwa GB Farm Ngawi menghargai pembelian Anda.

GB Farm menawarkan harga domba Texel terendah.

Akhir kata jika anda tertarik meminang domba tipe Texel, golongan darah lengkap (100% murni asli dengan sertifikat peternakan Australia/Afrika). GB Farm memiliki solusi untuk jenis persilangan yang dihasilkan dengan menyilangkan domba super broiler.
GB Farm menawarkan berbagai layanan modern. Mulai dari jenis domba (Dorper, Awassi, Garut, Merino, Suffolk, dan Texel). Jenis kambingnya juga berbeda-beda (kambing Boer, kambing Anglo Nubian, kambing Alpen, kambing Pygmy, kambing Pygmy hingga kambing kurban). Peralatan yang digunakan dalam peternakan, atau untuk mengolah produk.
Di bawah ini adalah jenis-jenis domba texel beserta harganya berdasarkan kondisi masing-masing.
1. Domba Texel
GB Farm menjual domba betina Texel mulai harga 1,5 juta. Harga tersebut merupakan yang termurah di pasaran Indonesia. Oleh karena itu, tempat ini ideal bagi peternakan yang ingin beternak atau membudidayakan domba broiler kelas dunia dari Belanda.
Ada dua usia yang berbeda, 6-7 dan 8-10. Texel betina ini merupakan hasil persilangan domba daging super yang terjamin kualitasnya. Informasi lebih lanjut mengenai domba ini dapat Anda lihat di sini.
2. Domba Texel Betina Hamil
Berikutnya ada pilihan domba Texel bunting (dengan domba) dan domba Texel bunting (dengan domba Dorper fullblood). Texel Hamil Domba Mulai 3 Jutaan. Mulai dari 5 juta untuk Dorper fullblood pertama yang hamil anak domba.
Kriteria yang diperlukan untuk domba Texel bunting adalah: berat badan antara 40 dan 50 kg, dua kali vaksinasi FMD, 1-3 kali laktasi, 100% sehat. Jaminan kehamilan dengan cek USG, informasi lengkap mengenai paket ini bisa langsung dicek disini.
3. Domba Texel Persilangan
Domba texel hasil persilangan bisa menjadi produk yang sangat langka. Hubungi gibasbarokah.com untuk memastikan ketersediaan stok. Harga domba texel persilangan dewasa antara 3 sampai 5 jutaan. Cek informasi dan ketersediaan Texel jantan blasteran di sini.
4. Domba Texel Fullblood Asli
100% Fullblood Texel merupakan produk domba Texel terbaik. Domba texel masih dibandrol dengan harga sekitar 50 juta rupiah, baik untuk jantan maupun betina. Tubuh domba sendiri mengandung semua keunggulan genetik Texel. Pemesanan terlebih dahulu diperlukan untuk impor langsung dari peternakan Afrika.
Kami menawarkan konsultasi gratis untuk mendiskusikan kebutuhan pertanian Anda. Pelayanan kami dijamin terbaik dan kami akan membantu anda sampai tujuan dengan selamat. Berikut panduan lengkap mengenai Ciri-Ciri, Sejarah dan Perawatan Domba Texel di Indonesia.
#dombatexel #texel #domba #dombatexeljantan #dombatexelbetina #dombatexelbunting #dombabunting